Kumpulan Jenis Penyakit Kulit, Penyebab Penyakit Kulit, Gejala Penyakit Kulit, Cara Mengatasi Penyakit Kulit dan Gambar Penyakit Kulit

Penyakit Kulit Gigitan Tomcat, Gejala & Cara Mengatasi

Penyakit kulit gigitan tomcat, gejala & cara mengatasi – Memang akibat gigitan serangga tomcat sangat berbahaya yang dapat membuat kulit manusia menjadi melepuh, gatal – gatal dan terasa panas. Oleh sebab itu pada pembahasan kali ini kami akan menuliskan sedikit mengenal penyakit kulit akibat gigitan serangga yang sering di kenal masyarakat yakni serangga tomcat.
Cara Mengatasi Penyakit Kulit Akibat Gigitan Tomcat
Cara Mengatasi Penyakit Kulit Akibat Gigitan Tomcat
Serangga tomcat memiliki nama ilmiah yaitu Paederus Littoralis, sebenarnya serangga tomcat memiliki banyak nama seperti semut semai, kumbang rove, charlie, semut rayap maupun semut kanai dimana sebenarnya tomcat itu tidak menyengat maupun mengigit secara langsung. Akan tetapi serangga tomcat akan mengeluarkan cairan racun tersebut apabila kita tidak sengaja telah menyentuh serangga tomcat. Oleh karena itu apabila anda sekarang ini telah terkena penyakit kulit gigitan serangga tomcat berarti anda tidak sadar menyentuh serangga tomcat tersebut.
Penyakit Kulit Gigitan Tomcat, Gejala & Cara Mengatasi

Selain serangga tomcat dapat mengeluarkan cairan racunnya apabila kita menyentuh. Namun juga tomcat juga dapat mengeluarkan cairan racun itu pada benda-benda tertentu, misal pada pakian, handuk dan lain sebagainya.  Apabila benda –benda telah terkena cairan serangga tomcat maka segera untuk membersihkannya.

Apabila anda melihat tomcat di tubuh anda seperti di tangan, maka anda tidak di perbolehkan untuk membunuhnya seperti hal untuk mematikan serangga nyamuk. Karena tomcat yang di bunuh saat berada di tangan anda maka cairan racun tomcat itu akan mengenai tangan anda, sehingga anda akan terkena penyakit kulit akibat serangga tomcat. Maka dari itu sebaiknya serangga tomcat di tiup hingga pergi atau menggunakan alat khusus untuk menyingkirkan serangga tomcat dari tangan anda secara hati-hati, yang penting anda tidak secara langsung menyentuh serangga tomcat tersebut.

Sesudah itu anda di haruskan mencuci tangan anda dengan sabun antiseptik. Dalam beberapa kasus di laporkan bahwa andanya gangguan kesehatan yang disebabkan gigtan serangga tomcat. Lantas bagaimana gejala dan cara mengatasi penyakit kulit akibat gigitan serangga tomcat ? Adapun gejala dan cara mengobati gigitan serangga tomcat sebagai berikut.

Gejala Gigitan Tomcat

Pada umumnya apabila orang telah tergigit oleh serangga tomcat akan memiliki gejala sebagai berikut

1. Kulit akan menjadi gatal – gatal

2. Sesudah itu timbul warna merah pada kulit apabila di garuk.

3. Kulit yang terkena gigitan serangga tomcat akan terasa panas

4. Kemudian kulit akan mengalami iritasi ataupun peradangan

5. Gejala akhir kulit akan menjadi melepuh seperti penyakit kulit herpes, apabila sudah parah akan muncul nanah.

Cara Mengatasi Gigitan Tomcat

Terdapat beberapa cara mengobati penyakit kulit akibat gigitan serangga tomcat mulai dari pemberian salep / krim maupun menggunakan bahan tradisional alami, lantas bagaimana cara mengobati gigitan serangga tomcat ? Adapun cara-caranya sebagai berikut.

Cara Medis

Umumnya dalam cara mengatasi gigitan serangga tomcat dengan medis akan menggunakan salep dan di kombinasikan dengan antibiotik yang di pakai dalam 3 kali sehari seperti :

Salep / Krim :

Betametasone

Acyclovir 5% atau

Hydrocortisone 1%

Antibiotik:

Neomycin Sulfat 

Cara Tradisional Alami

Selain anda dapat menggunakan cara medis seperti diatas anda bisa memakai dengan cara tradisional untuk mengatasi gigitan serangga tomcat diantaranya dengan.

1. Mencuci
Apabila anda baru saja terkena gigitan serangga tombat pada bagian kulit dimana saja. Segaralah mencucinya dengan sabun antiseptik, kegunaan mencuci dengan menggunakan sabun untuk menetralisir racun tomcat tersebut. Akan tetapi perlu dingat bahwa ketika anda mencuci dengan sabun, anda tidak harus menggosok terlalu keras, karena racun tomcat dapat menyebar kebagian kulit di sekitarnya.

2. Bahan Tanah Liat

Untuk mengatasi racun tomcat anda bisa menggunakan cara tradisonal dengan menggunakan bahan tanah liat saja. Caranya cukup mudah yakni dengan cara mengambil tanah liat secukupnya saja. Sesudah itu tambahkan sedikit air dan aduk hingga merata seperti krim. Kemudian tempelkan bagian kulit yang terkena racun tomcat, tunggu sampai mengering lalu dibilas dengan air dan lalukan secara rutin. Tujuan menggunakan tanah liat ini untuk menghilangkan racun paederin pada kulit.

Itulah beberapa cara ampuh untuk mengatasi penyakit kulit di sebabkan gigitan serangga tomcat. Lantas bagaimana cara mencegah (pencegahan) yang bisa anda lakukan di rumah untuk terhindar dari gigitan serangga tomcat ? Adapun cara sederhana yang bisa anda lakukan sebagai berikut.

Cara Mencegah Gigitan Tomcat

1. Hindari sentuhan langsung dengan serangga tomcat

2. Apabila serangga tomcat ada di kulit anda misal di tangan, anda tidak harus membunuhnya, karena dapat beresiko racun tomcat mengenai kulit anda. Sebaiknya tiup secara pelahan hingga tomcat pergi.

3. Saat dimalam hari tutup jendela maupun pintu rumah agar tomcat tidak bisa masuk kedalam rumah.

4. Apabila anda ingin tidur matikan lampu, karena serangga tomcat suka dengan tempat – tempat yang terang.

5. Seranggat tomcat selain menyukai tempat yang terang, tomcat juga suka sekali tempat – tempat yang lembab dan kotor. Maka dari itulah langkah paling ampuh dan terhindar dari gigitan serangga tomcat, maka anda rajin untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah.
Demikian beberapa cara ampuh mengatasi gigitan serangga tomcat mulai dari cara medis maupun cara tradisional yang bisa anda lakukan di rumah. Semoga informasi pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan berguna bagi pembaca. Sekian pembahasan kami tentang penyakit kulit gigitan tomcat, gejala & cara mengatasi

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Jenis Penyakit Kulit Lainya : Penyakit Kulit Gigitan Tomcat, Gejala & Cara Mengatasi