Kumpulan Jenis Penyakit Kulit, Penyebab Penyakit Kulit, Gejala Penyakit Kulit, Cara Mengatasi Penyakit Kulit dan Gambar Penyakit Kulit

Penyakit Kulit Berlubang Pitted Keratolysis, Penyebab & Cara Mengatasi

Penyakit kulit berlubang Pitted Keratolysis, penyebab & cara mengatasi – Inilah penyakit kulit lubang-lubang kecil pada telapak kaki ataupun telapak tangan, penyebab dan cara mengatasi. Mungkin bagi anda sudah tidak asing lagi mendengar penyakit kulit yang satu ini. penyakit kulit Pitted Keratolysis atau dapat disebut dengan Keratolysis Sulcata yakni infeksi bakteri di telapak kaki ataupun di telapak tangan (namun jarang terjadi).
Penyakit Kulit Berlubang Pitted Keratolysis, Penyebab & Cara Mengatasi
Penyakit Kulit Berlubang Pitted Keratolysis, Penyebab & Cara Mengatasi
Penyakit kulit Pitted Keratolysis memiliki ciri berbentuk kawah seperti lubang-lubang kecil pada telapak kaki ataupun bisa pada telapak tangan. Lubang-lubang kecil tersebut sering tumpang tindih pada tempat yang sama dalam menghasilkan wilayah yang lebih luas dari pada pengikisan kulit.

Pada umumnya lubang-lubang kecil tersebut dapat berwarna kecoklatan ataupun hijau tua. Dalam pengikisan dangkal tersebut banyak dijumpai di bawah telapak kaki, jari-jari kaki ataupun pada sela jari-jari tersebut. Penyakit kulit Pitted Keratolisis berkaitan dengan keringat berlebihan pada penderita seperti pada telapak kaki ataupun telapak tangan sehingga bakteri tersebut dapat menimbulkan bau busuk ataupun bau yang tidak sedap pada kulit tersebut.

Penyebab Penyakit Kulit Pitted Keratolysis

Penyebab Pitted Keratolysis yakni bakteri bernama Coryneform. Pada umumnya orang yang memiliki keringat berlebih ataupun sering mencuci telapak kaki ataupun telapak tangan lebih rentan terkena penyakit lubang-lubang kecil (Pitted keratolysis) tersebut. selain itu penyakit tersebut juga dapat disebabkan karena terlalu sering menggunakan alas kaki oklusif seperti memakai sepatu yang terlalu ketat, sepatu terbuat dari karet, cuaca yang lembab serta panas, penyakit diabetes akan lebih rentan terkena penyakit berlubang kecil-kecil tersebut.

Gejala Penyakit Kulit Pitted Keratolysis

Pada umumnya tanda dan gejala penyakit kulit berlubang Pitted Keratolysis yakni terasa gatal-gatal, terasa nyeri, kulit terasa terbakar, timbul bau yang tidak sedap, terdapat titik putih terutama di bagian telapak kaki ataupun telapak tangan tersebut.

Baca Juga : 10 Jenis Penyakit Menular Berbahaya dan Mematikan di Dunia
Penyakit Kulit Berlubang Pitted Keratolysis, Penyebab & Cara Mengatasi
kasus ringan
Penyakit Kulit Berlubang Pitted Keratolysis, Penyebab & Cara Mengatasi
kasus parah
Cara Mengatasi Penyakit Kulit Pitted Keratolysis

Ada beberapa cara mengatasi penyakit berlubang kecil-kecil (Pitted Keratolysis) tersebut. Dan perlu diingat bahwa penyakit Pitted Keratolysis apabila tidak di atasi dapat bertahan hingga bertahun-tahun, yang kemungkinan dapat menjadi lebih parah lagi. Adapun cara mengatasi Pitted Keratolysis (lubang kecil) dapat dilakukan sebagai berikut.

1. Dalam proses untuk mengatasi Pitted Keratolysis maka penting sekali untuk selalu rajin mengeringkan sesudah mandi ataupun membersihkan jika timbul keringat berlebihan (lembab) pada telapak kaki ataupun telapak tangan.yang terserang penyakit Pitted Keratolysis tersebut.

2. Jangan memakai sepatu terlalu ketat dan rajinlah untuk menjaga sepatu serta kaos kaki agar tetap kering sebelum memakai kembali.

3. Anda dapat mengunakan salep asam fusidic topikal atau dalam kasus yang cukup berat dapat menggunakan Azitromisin ataupun Eritomisin yang berfungsi untuk membersihkan serta pada lesi yang sulit sekalipun.

4. Anda bisa menggunakan Clotrimazole topikal yang cukup efektif untuk membasmi bakteri penyebab Pitted Keratolisis atau dapat memakai obat jerawat yang mengandung Benzoyl Peroxide.

Cara Pencegahan Penyakit Kulit Pitted Keratolysis

Cara mencegah penyakit kulit berlubang kecil (Pitted Keratolysis) pada telapak kaki ataupun telapak tangan dapat dilakukan beberapa cara diantaranya sebagai berikut.

1. Hindari sepatu yang terlalu ketat di kaki, karena dapat membuat kaki cepat berkeringat serta lembab.

2.  Hindari menggunakan sepatu serta kaos kaki yang sama berhari-hari secara beturut-turut.

3. Apabila memakai sepatu selalu membiasakan menggunakan kaos kaki, lebih baik yang (katun) sebab dapat menyerap keringat berlebih pada telapak kaki.

4. Usahakan sepatu serta kaos kaki yang ingin dipakai selalu kering.

5. Selalu mencuci atau membersihkan kaki sesudah memakai sepatu.

6. Apabila telapak kaki anda berkeringat berlebihan ataupun lembab, maka keringkan, jangan membiarkan telapak kaki anda berkeringat berlebihan, panas ataupun lembab.

7. Yang paling terpenting ialah salalu rajin membersihkan telapak kaki agar tidak berkeringat ataupun lembab, sebab faktor penyebab penyakit Pitted Keratolysis yakni tidak rajin membersihkan kaki.
Itulah tentang penyakit kulit berlubang Pitted Keratolysis, penyebab & cara mengatasi. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Jenis Penyakit Kulit Lainya : Penyakit Kulit Berlubang Pitted Keratolysis, Penyebab & Cara Mengatasi