Jenis Penyakit Kulit

Kumpulan Jenis Penyakit Kulit, Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi dan Gambarnya.

Penyakit Kulit Cacar Air, Gejala, Penyebab & Cara Mencegah

loading...
Penyakit kulit cacar air, gejala, penyebab & cara mencegah Apa itu cacar air ? pengertian cacar air atau dapat disebut dengan varicella simplex merupakan penyakit yang menyerang kulit. penyakit ini ialah suatu penyakit kulit yang umum dikenal oleh masyarakat.
Penyakit Kulit Cacar Air, Gejala, Penyebab & Cara Mencegah
Penyakit Kulit Cacar Air, Gejala, Penyebab & Cara Mencegah
Pada umumnya cacar air sering menyerang pada anak-anak dibawah usia 10 tahun. dan jarang menyerang pada orang yang sudah dew@sa.
Penyakit Kulit Cacar Air, Gejala, Penyebab & Cara Mencegah

Tidak semua anak-anak yang terkena dapat pulih secara sendirinya tanpa adanya penanganan. Apabila mengalami gejala yang tidak biasa maka sebagai orang tua harus mewaspadai hal ini, seperti infeksi terjadi pada bintil-bintik pada kulit. selain itu jika anak mengalami sakit dada serta kesulitan untuk bernapas, karena akan berdapak menjadi  lebih serius.

Jika orang dew@sa dapat lebih parah lagi serta berisiko mengalami suatu komplikasi, dan jika mengalami gangguan pada sistem imunnya, infeksi tersebut akan berakibat fatal. Berikut ini koplikasi untuk orang dew@sa diantaranya :

1. Infeksi bakteri seperti impetigo bulosa, erysipelas, pioderma

2. Peradangan sendi

3. Peradangan jantung

4. Peradangan hati

5. Ensefalitis

6. Pneumonia karena virus

Gejala Cacar Air

Gejala awal cacar air dapat anda lihat dibawah ini :

1. Kondisi tubuh tidak fit, terasa lemah dan mudah sekali capek.

2. Deman yang disertai dengan flu ringan.

3. Terasa nyeri di pergelangan sendi dan terasa ngilu, akan tetapi gejala ini tidak semua mengalaminya, ada yang hanya langsung demam saja beberapa hari.

4. Pada anak usia 10 tahun gejala awal dapat berupa demam sedang, tidak enak badan, dan sakit kepala. Gejala ini biasanya tidak di temukan pada anak yang lebih mudah, akan tetapi pada orang dew4sa akan lebih parah.

5. Setelah timbul gejala awal kemudian muncul bintik-bintik merah, kemudian menonjol dan membentuk lepuhan yang berisi cairan, terasa gatal, dan pada akhirnya akan mengering.

6. Lalu kemudian akan membentuk bintik serta lepuhan baru, muncul bentol-bentol merah, gelembung berisi air pada permukaan kulit muncul pertama kali pada daerah dada.

7. Sesudah muncul bentol merah atau gelembung berisi air di sekujur tubuh. Masa inkubasi tersebut sekitar dua hingga tiga minggu. Itu tergantung dari sistem kekebalan tubuh penderita, apabila semakin kuat daya tahan tubuh penderita, maka yang keluar dari permukaan kulit tersebut hanya sedikit saja dan cepat mengering.

8. Papul pada wajah, tukai lengan akan relative sedikit, biasanya banyak ditemukan pada tubuh bagian atas seperti punggung, bahu, dada. Dan bintik tersebut juga sering di temukan pada kulit kepala.

9. Papul pada mulut akan cepat pecah serta membentuk luka terbuka (ulkus). Yang dapat menyebabkan gangguan menelan. Ulkus juga dapat ditemukan pada saluran pernapasan bagian atas, rekttrum kelopak mata, serta ms v.

10. Papul di saluran pernafasan atas serta pada pita suara, terkadang juga dapat menyebabkan gangguan pernafasan.

11. Dapat juga terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening, pada leher bagian samping.

12. Luka akan dapat terinfeksi disebabkan karena garukan atau dapat disebabkan oleh bakteri stafilokokus.

Penyebab Cacar Air

Penyebab cacar air dapat disebabkan oleh infeksi virus varicella zoster. Virus ini dapat menular secara cepat. Seperti kontak langsung dengan penderita, atau melalui percikan batuk atau bersin oleh penderita tersebut. resiko terular penyakit ini juga dapat disebabkan oleh :

1. Sistem kekebalan tubuh lemah.

2. Belum menerima vaksin.

3. Bekerja di tempat umum.

4. Belum terkena sebelumnya.

5. Kontak langsung dengan penderita

Cara Mencegah Cacar Air

Cara mencegah adalah dengan cara melalui vaksinasi. Vaksin dapat diberikan pada anak usia 12-15 bulan, atau remaja usia 13 tahun keatas bagi orang yang belum pernah menerima vaksin.
Demikian mengenai penyakit kulit cacar air, gejala, penyebab & cara mencegah.

loading...
loading...
Back To Top