Jenis Penyakit Kulit

Kumpulan Jenis Penyakit Kulit, Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi dan Gambarnya.

Penyakit Kulit Eksim, Gejala & Penyebabnya

loading...
Penyakit Kulit Eksim, Gejala & PenyebabnyaApa itu penyakit kulit Eksim ? pengertian penyakit eksim atau dapat disebut dengan eksema merupakan peradangan di kulit yang menyebabkan muncul rasa gatal-gatal. Hal ini disertai dengan kulit kering menjadi merah dan pecah-pecah, Eksim merupakan penyakit jangka panjang, eksim bisa disebut dengan dermatitis merupakan penyakit kulit yang tidak menular.
Penyakit Kulit Eksim, Gejala & Penyebabnya
Gejala atau ciri-ciri penyakit kulit Eksim adalah terasa kering serta menebal. Untuk kulit yang berwarna putih, yang akan berwarna seperti merah muda lalu berubah menjadi warna kecoklatan. Jika kulit berwarna gelap akan mempengaruhi warna pigmen, maka akan tampak gelap atau ataupun sebaliknya.
Baca Juga : Penyakit Kulit Psoriasis, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi
Gejala Eksim

Gejala atau ciri-ciri eksim dapat melihat dibawah ini.

1. Memiliki rasa gatal-gatal, rasa gatal ini akan terasa sekali apabila di malam hari.

2. Munculkan rasa panas dan rasa dingin secara berlebihan.

3. Adanya lepuhan kecil serta akan berubah bersisik keras dipermukaan dan disertai pembengkakan.

4. Daerah yang sering sekali yaitu di kaki, di sela jari, di sela paha, di tangan, di lipatan tubuh, di belakang lutut, di pergelangan tangan dan bisa juga di area leher.

Penyakit kulit ini terdapat ada dua macam seperti  Eksim basah dan Eksim kering. Untuk ciri-ciri Eksim Basah adanya bintik yang berisi air atau bisa berisi nanah dan disertai dengan rasa gatal-gatal. Untuk ciri-ciri penyakit kulit Eksim Kering yaitu kulit terasa kering dan warna menjadi kemerahan, bersisik dan disertai dengan rasa gatal-gatal dan bahkan bisa bengkak.

Penyebab Eksim

Untuk mengetahui penyebab anda dapat melihat dibawah ini.

Penyebab Eksim kering juga dapat disebabkan oleh alergi. hal ini mungkin dapat dicetuskan oleh senyawa ataupun bahan-bahan tertentu. Contohnya seperti : Jenis makanan tertentu, kosmetik, deterjen atau sabun, kena tekanan terus-menurus di bagian yang lembab, perhiasan metasi, atau kain yang kasar. Apabila belum terlalu parah, dapat disembuhkan dengan herbal. Cara mengatasi : 1 buah jeruk nipis, 1 sendok teh kapur sirih, 5 potong kunyit sebesar ibu jari, dan 1 potong ragi tape. Cara membuat : bahan seperti kapur sirih, ragi tape, dan kunyit semua dihaluskan menjadi satu, kemudian di campur dengan air jeruk nipis, setelah itu olehkan terkena Eksim.

Penyebab eksim basah sebenarnya belum di ketahui secara pasti. Karena banyak faktor penyebab ini terjadi, akan tetapi banyak di duga oleh alergi makanan yang di picu oleh infeksi virus saluran pernafasan yang sering menjadi penyebab inti. Pada umumnya kebanyakan pasien yang terkena Eksim basah mereka memiliki kulit kering. Atau trauma lokal seperti kontak langsung dengan bahan k1mia, gigitan serangga, atau lecet. Cara mengatasi  : Dengan menggunakan daun kecubung caranya : ambil 5 daun kecubung dicuci dan di tumbuk hingga halus, kemudian tambahkan minyak kelapa, lalu aduk hingga rata, dan di panaskan diatas api, terakhir oleskan pada bagian yang tersebut. 
Demikian informasi tentang penyakit kulit eksim, gejala & penyebabnya. Semoga dapat bermanfaat bagi semuanya. 

loading...
loading...
Back To Top