Jenis Penyakit Kulit | Penyebab Penyakit Kulit

Kumpulan Jenis Penyakit Kulit, Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi dan Gambarnya.

40 Jenis Penyakit Kulit, Beserta Gambarnya

Jenis penyakit kulit, beserta gambarnya – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang macam dan jenis penyakit kulit. Sebenarnya daftar nama penyakit kulit itu sangat banyak mulai dari yang ringan hingga yang berat, pada umumnya dapat disebabkan oleh bakteri, alergi, jamur ataupun virus, yang dapat menyerang manusia. Itu tergantung sistem kekebalan tubuh anda, jika sistem kekebalan tubuh anda lemah, maka anda dapat terserang.
40 Jenis Penyakit Kulit, Beserta Gambarnya
Bagi anda yang mempunyai bisul apalagi terletak dipantat. anda pasti sangat menderita sekali, kenapa ? karena anda tidak bisa duduk secara bebas. Memang bisul dapat mengganggu aktifitas anda sehari-hari, maka rajinlah menjaga kebersihan anda agar anda terhindar dari busul.

Lalu apa saja macam penyakit kulit ? Bagi anda yang ingin tahu ataupun tidak sabar ingin melihat, anda dapat melanjutkan membaca dibawah ini. Berikuti ini adalah jenis penyakit kulit dan gambar penyakit kulit yang perlu anda waspadai.

40 Jenis Penyakit Kulit Berserta Gambarnya


1. Bisul
Bisul dapat disebabkan oleh infeksi bakteri (staphylococcus aureus). Jenis penyakit kulit bisul mempunyai ciri yang khas seperti terdapat benjolan besar, kulit merah dan berisi nanah, bisul dapat tumbuh pada bagian yang lembab seperti pantat, ketiak, lipatan paha, leher bahkan kepala.

Faktor penyebab terkena penyakit bisul pada umumnya adalah. Kurangnya menjaga kebersihan diri, bahan kosmetik yang menyumbat pori-pori, luka yang sudah terinfeksi, dan pelemahan diabetes. Untuk menghindari hal ini terjadi, anda dapat melakukan dengan cara rutin menjaga kebersihan anda serta mengkomsumsi buah-buah agar sistem kekebalan anda terjaga.
2. Kurap
Kurap dapat disebabkan jamur. Gejala penyakit kulit kurap pada umumnya terdapat lingkaran-lingkaran dan bercak putih, bersisik lembab, terasa gatal, berair dan jadi tebal. kurap dapat timbul dibagian tekuk leher dan kepala, faktor penyebab kurap adalah tidak menjaga kebersihan, maka selalu menjaga kebersihan agar terhindar.

Baca Juga : 4 Penyakit Kulit Kurap, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi
3. Kudis
Kudis dapat disebabkan sarcoptes scanbie var hominis. Gejala kudis seperti terasa sangat gatal di malam hari, biasanya kudis dapat timbul dibagian sela-sela tangan, sela-sela jari kali, pinggang, dibawah ketiak dan lain sebagainya.

Kudis merupakan penyakit yang mudah menular. Secara sengaja ataupun tidak sengaja bila tersentuh pada bagian kudis, untuk menghindari  kudis, anda dapat menjaga kebersihan diri dan lingkungan disekitar anda.
4. Jerawat
Pasti semua orang sudah merasakan yang satu ini yaitu jenis penyakit kulit jerawat. Jerawat merupakan penyakit yang sangat umum terjadi oleh manusia, jerawat dapat disebabkan oleh bakteri yang berkembang di pori-pori, sehingga dapat menimbulkan jerawat.

Selain timbul diwajah, jerawat juga dapat tumbul di tubuh. Cara untuk mencegah jerawat, dengan cara rajin menjaga kebersihan diri dan selalu mencuci muka.


5. Herpes
Herpes dapat disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus. Herpes terdapat dua jenis, dikarenakan ada dua virus yang dapat menyembabkan herpes seperti virus herpes simpleks (HSV) dan virus varicella zoster.

Baca Juga : Penyakit Kulit Herpes, Ciri-Ciri & Penyebabnya
6. Campak
Campak dapat disebabkan virus. Campak pada umumnya sering menyerang pada anak-anak, Campak ini merupakan penyakit akut menular. Gejala campak seperti demam, pilek dan bersin, nafsu makan mejadi turun, badan terasa lesu, dan radang mata. Setelah beberapa hari kemudian akan muncul ruam merah yang gatal dibeberapa bagian tubuh.

Baca Juga : Penyakit Kulit Campak, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi
7. Cacar air
Cacar air disebabkan oleh virus. Ketika cacar air menyerang, tubuh akan mengalami demam, kemudian pada permukaan tubuh muncul bintik-bintik merah yang berisi air dan cepat menyebar.

Bagi anda yang menderita cacar air. Jangan menggaruknya, karena pada saat sembuh akan meninggalkan bekas. Setelah beberapa hari kemudian, bintik-bintik tersebut akan mengering secara pelahan-lahan, disarankan untuk mengkomsumsi banyak vitamin seperti buah-buahan dan istirahat yang cukup, agar mempercepat proses penyembuhan.

Baca Juga : Penyakit Kulit Cacar Air, Gejala, Penyebab & Cara Mencegah
8. Ketombe
Ketombe mempunyai gejala seperti berminyak, kulit merah, bersisik, terasa gatal dan bau, penyebab ini diduga seboroid yang terjadi di kepala atau sering disebut ketombe.
9. Panu
Panu dapat disebabkan oleh jamur. Jenis penyakit kulit panu ditandai dengan bercak putih, jika berkeringat terasa gatal. Bercak tersebut dapat berwarna putih, merah ataupun coklat tergantung warna  tersebut.

Penyebab timbulnya panu disebabkan kurangnya menjaga kebersihan. untuk mengatasi panu tersebut dengan cara rajin membersihkan, diri dan harus segera diatasi karena panu cepat menyebar. Anda dapat memanfaatkan daun sirih + kapur sirih yang dicampur kemudian oleskan pada bagian panu.

Baca Juga : Penyakit Kulit Panu, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi


10. Sariawan
Jenis penyakit kulit seperti sariawan disebabkan karena adanya pembengkakan dijaringan lunak. Sariawan menimbulkan rasa sakit pada bagian mulut atau pada bibir, yang berbentuk luka terbuka dan terasa sakit. Sariawan umum terjadi pada setiap orang.
11. Kutil
Kutil disebabkan oleh virus human papillmavirus. Kutil dapat menular dan tidak baik untuk estetika.
12. Impetigo
Impetigo disebabkan oleh dua bakteri staphylococcus pyogenes atau staphylococcus aureus. Untuk perawatannya tergantung jenis bakteri apa yang menyerang, Impetigo ini termasuk penyakit yang menular, impetigo dapat muncul dibagian leher, wajah, ataupun di tangan.

Impetigo sering menyerang pada anak ataupun bayi yang baru lahir, impetigo jarang terjadi pada orang dew@sa. Namun Impetigo ini dapat sembuh dengan sedirinya dalam waktu dua hingga tiga minggu.
13. Eksim
Jenis penyakit kulit eksim dapat ditandai gejala seperti gatal-gatal pada kulit, menjadi merah, pecah-pecah, bersisik, dan terdapat gelembung-gelembung kecil yang isinya air atau nanah. Kulit yang sering terkena eksim adalah pada bagian kaki, tangan, telinga dan lipatan paha.

Baca Juga : Penyakit Kulit Eksim, Gejala & Penyebabnya
14. Psoriasis
Psoriasis ini merupakan jenis penyakit kulit yang sulit untuk didiagnosa. Psoriasis adalah penyakit yang tidak menular, gejala penyakit kulit psoriasis timbul bercak merah dan diatas terdapat sisik putih yang tebal serta menempel berlapis-lapis. Jika digaruk maka sisik putih tersebut akan rontok.

Baca Juga : Penyakit Kulit Psoriasis, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi
15. Melanoma
Melanoma adalah kanker kulit. Melanoma merupakan penyakit kulit berbahaya, karena dapat menyebabkan kematian jika tidak segera diatasi.

Melanoma merupakan penyakit kanker yang dapat menyebabkan perubahan pada tahi lalat. Salah satu tanda timbulnya melanoma adalah tahi lalat yang membesar, terjadi perubahan warna tahi lalat, dan peradangan disekitar tahi lalat.
16. Seborrheic keratosis
Seborrheic keratosis merupakan penyakit yang tidak berbahaya. Akan tetapi Seborrheic keratosis ini dapat membuat penderita menjadi minder atau malu. Namun Seborrheic ini sering dibedakan antara seborrheic keratosis dengan melanoma.

Melanoma merupakan kanker kulit yang berbahaya. Jika tiba-tiba menjadi berubah segera konsultasikan diri kedokter. Seborrheic keratosis dapat muncul dibagian perut, dada dan bahu. Ciri-cirinya bengkak dan terasa kasar, terasa tebal, berbentuk oval dan berwarna coklat, putih ataupun kunning. Orang yang terkena seborrheic keratois dikarenakan faktor genetic, sering terkena UV dan faktor usia.
17. Lepra
Lepra dapat disebabkan oleh bakteri mycobacterium leprae. Gejala penyakit kulit lepra ditandai dengan kulit tampak mengkerut, dan telah akut bakterinya dapat mengkomsumsi daging ataupun kuit.
18. Infeksi jamur
Infeksi jamur disebabkan oleh jamur. Jamur yang tumbuh dipermukaan kulit, yang dapat menyebabkan kerusakan serta terasa gatal. Bila tidak segera ditangani akan cepat menyebar.


19. Keloid
Keloid yang dapat timbul disekitar luka. Untuk memperbaiki luka dikulit, akan tetapi keloid tersebut berkembang tidak terkendali yang dapat meninggalkan daging seperti menonjol diluka tersebut, bahkan dapat lebih besar daripada lukanya.
20. Lupus
Jenis penyakit kulit seperti lupus dikarenakan sistem kekebalan terganggu. Sehingga virus dapat masuk melalui kulit, Lupus dapat menjadi masalah berlanjut jika tidak segera diatasi seperti ginjal, kulit, bahkan sistem syaraf.
21. Hemangioma
Hemangioma merupakan pertumbuhan daging pada kulit namun bukan kanker. Penyakit hemangioman disebabkan organ dalam biasanya pada hati, Hemangioma ini tidak disebabkan dari faktor luar. Orang yang terkena hemangioma kemungkinan sudah dari lahir.
22. Rosacea
Rosacea merupakan gangguna penyakit kronis. Penyebab belum diketahui secara pasti. Ciri khasnya dari jenis penyakit kulit rosacea adalah terdapat lingkaran kecil yang berwarna merah dan berisi nanah. Rosacea dapat timbul di hidung, pipi, dan kening.
23. Necrotizin Fascitis
Necrotizing fascetis disebabkan oleh bakteri streptococcus. Infeksi jaringan lunak yang dapat menghancurkan jaringan kulit, otot dan jarinan penghubung. Bakteri ini menyebar sangat cepat, infeksi ini dapat terjadi dari luka kecil. Jika anda terkena infeksi bakteri streptococcus segera konsultasikan diri kedokter.
24. Cutaneous Candidiasis
Cutaneous candidiasis disebabkan oleh bakteri. Jenis penyakit kulit ini tidak menggaggu kesehatan, kecuali jika terdapat jamur candida kemungkinan dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Candidiasis dapat ditangani dengan cara perbaikan kesehatan tubuh dan hygiene.
25. Vitiligo
Vitiligo disebabkan oleh kehilangan pigmen kulit.  Pigmen berfungsi sebagai pewarna, jika kehilangan pigmen tersebut, maka dapat menyebabkan sebagian warna menjadi bercak putih. vitiligo tidak dapat disembuhkan jika sel pigmen pada sudah tidak ada, akan tetapi jika masih ada kemungkinan dapat normal kembali.

Baca Juga : Penyakit Kulit Vitiligo, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi
26. Selulitis
Selulitis disebabkan oleh infeksi bakteri. Ciri Selulitis adalah berwarna merah, lunak dan terasa panas, dan bintik merah tersebut dapat menyebar dengan cepat. Jenis penyakit kulit selulitis bisa terasa nyeri dan sangat sakit, selulitis dapat terjadi pada kaki, dan juga pada tubuh. Selulitis harus segera ditangani karena cepat menyebar dan membahayakan.
27. Hypohidrosis
Hypohidrosis merupakan penyakit yang tidak dapat mengeluarkan keringat seperti normalnya. Dikarenakan kelenjar keringat tidaklah berfungsi dengan baik lagi. Ketidakmampuan berkeringat dengan normal dapat menyebabkanya tubuh menjadi panas, efeknya akan menyebabkan kejang-kejang dan juga dapat menyebabkan kematian.
28. Decubitus ulcers
Decubitus ulcers merupakan luka terbuka pada kulit. Decubitus ulcers biasanya muncul dibagian pantat, punggug, ankle ataupun pinggul. decubitus ulcers sering terjadi pada orang tua, cacat ataupun lumpuh.
29. Dermatomyositis
Dermatomyositisbelum diketahui secara pasti penyebabnya. Namun para ahli memperkirakan dermatomyositis penyebabnya hampir mirip dengan penyakit auto immune.

Penyakit dermatomyositis merupakan pembengkakan cukup langka. Dimana otot yang membengkak, dan otot menjadi terasa lemas, Dermatomyositis dapat menyerang pada orang dew4sa ataupun anak-anak.
30. Molluscum contagiosum
Jenis penyakit kulit seperti molluscum contagoisum disebabkan oleh virus molluscum. Virus ini dapat menyebabkan tumor jinak, dengan berciri-ciri terdapat benjolan kecil pada kulit.
31. Fungal nail infection
Fungal nail infection disebabkan oleh infeksi jamur. Penyakit kulit ini sering menyerang dibagian kuku, infeksi ini bisa berkembang seiring berjalannya waktu, ada terdapat jenis-jenis infeksi jamur, jadi setiap jenis jamur dibutuhkan perawatan yang berbeda juga.

Infeksi jamur pada kuku bisa terjadi jika. : sistem kekebalan menurun, menggunakan kuku palsu, mempunyai jempol atau jari yang lembab jangka lama, wanita sudah lanjut usia, menggunakan sepatu terlalu kecil, mempunyai penyakit diabetes mellitus, dan berenang dikolam renang umum.
32. Schyosis vulgaris
Schyosis vulgaris merupakan jenis penyakit kulit yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Karena sel yang sudah mati berkumpul sehingga membentuk kerak di bagian luar.


33. Ingrown nails
Ingrown nails merupakan penyakit kulit yang terjadi pada jempol kaki. Rasa sakit yang ditimbulkan karena bagian sisi dari kuku tumbuh dan menembus kulit, akan tetapi ini tidak berbahaya, anda bisa untuk merawat sendiri dengan cara menjaga kuku tidak menembus kulit.

Namun apabila keadaan semakin parah dapat terjadinya infeksi yang lain. Penyebab ingrown nail disebabkan karena memotong kuku yang tidak benar, cedera pada bagian kuku, menggunakan sepatu terlalu kecil dengan kaki, dan bentuk kuku tidak simetris.
34. Pilonidal sinus
Pilonidal sinus merupakan pembengkakan kecil. Pilonidal sinus sering terjadi pada bagian atas lipatan pantat, apabila terjadi infeksi maka akan mengeluarkan nanah, dan baunya tidak enak. Pilonidal sinus ini juga dapat menimbulkan rasa yang sakit, dan pilonidal sinus dapat terjangkit pada pria yang sudah dew4sa.
35. Erysipelas
Erysipelas merupakan infeksi bakteri pada bagian luar. Erysipelas mempunyai kesamaan dengan  Selulitis, yaitu infeksi terjadi pada bagian mesodermis . Penyakit  kulit ini sering timbul dibagian kaki bahkan dapat diwajah.

36. Acrodermatitis
Acrodermatitis mempunyai nama lain sindrom gianotti-crosti. Jenis penyakit kulit ini dapat menyerang pada anak di usia 6 bulan hingga 12 tahun, walaupun acrodermatitis jarang terjadi, namun ini termasuk penyakit kulit dapat menular.

Acrodermatitis ditandai dengan demam, terasa lelah, dan terdapat benjolan yang berwarna ungu kemerahan yang gatal. Untuk penyebab penyakit kulit acrodermatitis belum diketahui secara pasti, akan tetapi virus epstier-bar adalah virus yang sering dikaitan dengan Acrodermatitis ini, selain virus tersebut ada virus lain yang dapat dikaitan dengan virus ini seperti virus syncytal, virus parainfluenza, dan cytomegalovirus.
37. Kista sebaceous
Kista sebaceous yaitu jenis penyakit kulit dengan pembengkakan pada kelenjar sebaceous yang berisi nanah. Penyebab kista sebaceous adalah pembengkakan sel basah, syndrome gardner, luka parut yang terinfeksi dan luka bekas operasi.
38. Diaper rash
Diaper rash merupakan iritasi. Diaper rash sering terjadi pada balita yang biasa umum terjadi, Diaper rash ini dapat menyebabkan warna merah dan rasa panas, karena bergesekan dengan popok bayi.
39. Hives
Hives disebabkan oleh reaksi terhadap alergi. Seperti alergi peng0batan, alergi benda-benda yang dapat menyebabkan iritasi dan menjadi alergi.

Baca Juga : Penyakit Kulit Biduran (Urtikaria), Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi
40. Dyshidrotic eczema
Dyshidrotic eczema. Merupakan jenis penyakit kulit dengan kondisi dimana terdapat benjolan yang dapat muncul dibagian telapak tangan atapun dibawah kaki, benjolan itu berisi cairan dan terasa gatal. Dyshidrotic eszema hanya dapat bertahan dua hingga tiga mingguan. Hal ini juga dapat dikaitan dengan alergi musim atau terlalu stres. 

Itulah daftar nama dan gambar penyakit kulit yang perlu anda waspadai. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan demikian mengenai jenis penyakit kulit, beserta gambarnya
Back To Top